Rabu, 16 Juli 2008

Tantangan KBB#6: Cheese Biscuits


Ini kali keduanya aku kerjain tantangan dari KBB. Kali ini tantangannya bikin kukis keju. Ternyata bikinnya gampang banget (agak nyombong nih.........) , setiap langkah aku ikutin sesuai resep. Dan selesai dipanggang wow..... harumnya...... Kayaknya udah waktunya cicip rasa kukisnya.... eits..... koq pait ya?????? Kata ibu ku ini pasti karena kejunya (aku pake 125 g permesan & 100 g chedar parut+ mentega salted merk elle & fire) nih... sebab diliat-liat adonannya bagus, nggak gosong ......

Btw.... ternyata aku nggak terima surat cintanya secara langsung dari Ibu moderator.... udah dicari di spam/bulk item juga gak ada tapi gak pa-pa di mailist udah ada koq.....

Nerusin yang adonanpait tadi itu ya....... ternyata ada curhatan yang bilang sama banget sama aku. Trus keluar deh jurus-jurus dari yang udah sukses bikin kukis ini..... Nah dengan bekal contekan itu... aku bikin lagi deh......

Keju permesan aku kurangin jadi 100 g dan keju chedarnya 75 juga, pake mentega unsalted merk yang sama (aku sekalian pake yang fat free), cabe bubuk aku tambahin 1/2 sdt. Trus tambahin 1 sdm gula pasir. Untuk topingnya aku bikin 3 eh... salah 4 deh... yang pertama pake wijen putih, polos, kacang mede dan bread crumb.

Ternyata pada suka yang pake bread crumb ' asinnya pas nih, gak pait lagi & krenyes-krenyes juga....', itu salah satu komentar dari kakak ku. Trus ada komentar juga dari temanku si-yunia bawel...' ntar lebaran jualan yang kayak gini kan????' .
Wow, puasa aja belon udah mau lebaran aja....

Tapi aku seneng banget dapet comment2x kayak gitu, tandanya kukis-ku enak... He...he...

Nah ini dia resep nya:

CHEESE BISCUITS

Tingkat Kesulitan: Mudah.

English Version
Source: Vogue Australia: Wine and Food Cookbook.
225g grated mature cheese125g butter125g flourcayenne pepper to taste,sesame seeds

With finger tips, mix together cheese, butter, flour and cayenne pepper until mixture forms a mass. Butter a biscuit tray. Make small balls of the dough. Roll some in sesame seeds and press on tray, placing them fairly far apart as they will spread while cooking. (We have pressed walnuts on some of the biscuits and, for a colour contrast, some chopped pistachio nuts). Bake biscuits in pre-heated oven 180C for 15 minutes. Store in an airtight container.

Bahasa Indonesia
Sumber: Vogue Australia: Wine and Food Cookbook.
225g keju tua parut125g mentega125g tepung terigu,cayenne pepper,biji wijen

Campur keju, mentega, tepung dan cayenne pepper bersama (remas) menggunakan ujung jari sampai tercampur rata dan adonan menyatu membentuk gumpalan. Siapkan loyang biskuit yang diolesi mentega. Bulatkan adonan kecil-kecil. Gulingkan beberapa bulatan ke biji wijen dan tekan-tekan di atas loyang dengan jarak yang agak lebar karena biskuit ini akan meleber saat dipanggang. (Kami—maksudnya tim dapurnya buku ini-- menaburkan walnut ke atas biskuit dan ditekan-tekan sedikit ke atas biskuit, dan untuk penambahan warna yang kontras, kami juga menambahkan pistachio cincang). Panggang biskuit dalam oven yang sudah dipanasi terlebih dahulu dengan suhu 180C selama 15 menit. Simpan di dalam wadah kedap udara.

Ini versi step by step-nya:






1 komentar:

Unknown mengatakan...

aku cari2 postingannya ternyata ngumpet di bagian bawah hehehe. sukses ya tantangannya dah dikerjain. siap2 buat tantangan berikutnya :) see ya!