Selasa, 30 September 2008

Tantangan KBB #7 Warna-warni KBB


Untuk meramaikan KBB kali ini, aku bikin kue yang udah sering banget aku bikin dan rasanya memang enyakk..... dan gampang juga koq.....
Moga-moga bisa jadi inspirasi buat yang lain

Resep didapat dari 52 kue populer.

SALJU BAKAR
Source: 52 kue popular
Ingredient:
6 bh sale pisang basah
6 btr kuning telur
1 bh putih telur
60 g gula pasir
30 g terigu protein rendah (berhubung ngga ada, aku tetep peke segitiga 40 g)
10 g maizena
10 g susu bubuk (aku peke 1 sdm)
65 g margarine , lelehkan (aku pake mentega)
½ sdm Susu kental manis
¼ sdt esens vanilla (aku ngga pake/ lupa….)
75 g butter cream untuk olesan (aku ganti dengan SKM0
20 g keju chedar parut


Membuat:
- Kocok gula & telur sampai mengembang
- Tambahkan tepung yang diayak, masukkan mentega cair sambil diaduk rata.
- Tuang ½ bagian ke loyang lalu tata sale pisang dan tuang sisa adonan
- Panggang dalam oven dengan suhu 180 C selama 20 menit.
- Setelah dingn, tuang SKM lalu parutkan keju chedar diatasnya.


HAPPY BIRTHDAY KBB !!!!!!

Eits..... tapi belom kelar koq, masih ada satu lagi.... menu masakan yang bikinnya gampang banget (kalo susah ngga aku pilih kalee....). Resepnya didapat dari koran Kompas yang udah lama banget dan udah nggak tau terbitnya kapan ... Resep boleh lama tapi rasanya... wow... boleh dicoba koq..

SIMPLE STEAKS WITH BLACK PEPPER SAUCE
Source: Kompas lama (tanggalnya udah ngga keliatan)

Ingredient:
2 bh dada ayam fillet
1 sdm tepung maisena
80 g tepung roti
1 btr telur
1 sdm margarine
½ sdt garam dan merica bubuk

Saus:
4 bh bawang merah, iris halus
3 siung bawang putih, cincang
1 sdt merica hitam , tumbuk kasar
1 sdt tepung maizena
1 sdm kecap manis
150 ml air
1 sdt margarin
Garam secukupnya
Membuat:
Tusuk-tusuk dada ayam dengan garpu lalu balur dengan garam dan merica, diamkan selama 30 menit.
Balur dada ayam dengan maizena, lanjutkan dengan telur yang dikocok lepas lalu balur kembali dengan tepung roti.
Panggang dengan pan yang diberi sedikit margarine. Masak dengan api kecil hingga kecoklatan lalu angkat dan sisihkan
Saus: panaskan margarine lalu tumis bawang merah, bawang putih hingga harum lalu tambahkan lada hitam dan ait. Tambahkan kecap manis dan air lalu kentalkan dengan tepung maizena. Angkat dan sajikan sebagai saus untuk steak dada ayam
.


2 komentar:

chenmarlin mengatakan...

kalau pisang sale diganti dgn pisang ambon biasa boleh ngga yah, disini ngga ada pisang sale. kuenya kelihatan enak dgn kiju yg banyak lagi.

Unknown mengatakan...

kangen banduuuuuuuuuuunggg!! pisang sale huaaaaaaaaaa!!